Rabu, 12 November 2008

Microsoft Dynamics AX 2009, Solusi Bisnis Menyeluruh

Microsoft Dynamics AX 2009, Solusi Bisnis Menyeluruh
Selasa, 11 November 2008 - 17:51 wib
Magfirah Ahdarini Sipahutar - Okezone

JAKARTA - Perkembangan bisnis suatu perusahaan secara otomatis akan berpengaruh pada kompleksitas pengaturan akurasi bisnis dan standarisasi operasi sehingga berdampak langsung pada permintaan sebuah inovasi teknologi. Berpegang pada analogi tersebut Microsoft meluncurkan Dynamics AX 2009 yang merupakan pembaharuan dari Dynamics AX sebagai pilihan solusi perusahaan yang memiliki multi lokasi.

Dengan memposisikan sebagai solusi enterprise resource planning (ERP), AX 2009 yang lebih dulu dikenal dengan sebutan Axapta, menawarkan 400 fitur baru dengan berfokus pada empat kunci yaitu sebagai solusi dalam peningkatan produktivitas, mengatasi perubahan kebutuhan bisnis, berkompetisi secara global, dan menyederhanakan peraturan dan regulasi. Walaupun mengusung misi pembaharuan dari versi sebelumnya, AX 2009 dijanjikan menjadi aplikasi bisnis yang mudah dioperasikan, bahkan oleh personil baru sekalipun, karena mempunyai tampilan layaknya Microsoft Outlook dengan button yang interaktif seperti yang ada di Microsoft Word 2007.

Selain menawarkan tampilan yang familiar, AX 2009 juga tampil dengan fitur Role Center yang diklaim bisa merealisasikan arti produktivitas yang sebenarnya. Dengan adanya fitur ini, AX 2009 akan menampilkan informasi yang sesuai dengan posisi jabatan pengguna begitu memasuki sistem operasi.

"Dengan hadirnya fitur Role Center di Microsoft Dynamics AX 2009, karyawan dari mulai top eksekutif hingga petugas di bagian gudang mendapatkan akses aplikasi business intelligence yang terkait dengan peran mereka. Fitur tersebut akan membantu pengambilan keputusan secara efisien karena role center menyediakan tampilan yang menjadi prioritas setiap orang berdasarkan jenis pekerjaannya dan mengkonfigurasi proses bisnis," terang Microsoft Dynamics Lead Pt. Microsoft Indonesia, Andreas Kagawa, ketika ditemui di bilangan Sudirman, Selasa (11/11/2008).

Disamping itu, untuk memudahkan jalannya proses sebuah perusahaan yang memiliki kantor cabang di berbagai lokasi maupun untuk kelangsungan beberapa perusahaan dalam satu instalasi terpusat, AX 2009 juga dilengkapi dengan sarana unified communication sebagai media berkomunikasi karyawan yang berada di luar kantor, pelanggan, maupun mitra dagang. Jalinan kominikasi ini digaransi aman karena sudah dilengkapi dengan jaminan kerahasiaan serta keakuratan dari digital signature.

Apalah artinya sebuah aplikasi bisnis terbaru tanpa adanya jaminan peningkatan kehandalan dan kemampuan berhematan. Kekuatan maksimal AX 2009 bisa dicapai dengan mengintegrasikan Microsoft SQL Server 2008 yang dilaporkan bisa mengompres ukuran database sebesar 40 persen menjadi 60 persen juga mampu menjalankan 320.000 line per jam sepanjang enam jam proses bisnis. Dengan pencapaian ini, penekanan biaya untuk perangkat keras dan pemeliharaan data bisa dikontrol dengan efisien dan efektif. Untuk lebih meyakinkan kehebatan AX 2009, PT. Dunamis Indotek yang mewakili PT. Sierad Produce sebagai pihak ketiga, mengakui bahwa AX 2009 bisa meningkatkan produktivitas perusahaan mereka yang bergerak di bidang peternakan ayam, menjadi 50 persen.

"Perpaduan dari pengalaman Dunamis sebagai Departemen Teknologi Informasi yang telah mengalami suka duka menghadapi kompleksitas implementasi ERP di industri peternakan ayam dengan solusi spesifik yang ditawarkan Microsoft Dynamics AX, memberikan rasa aman dan proteksi atas investasi yang telah dikeluarkan oleh pelanggan kami," aku Manager IT dari PT. Dunamis Indotek, Iwan Kurniawan.

Sebagai informasi, Microsoft melaporkan peningkatan keuntungan terbaru mereka untuk kuartal ketiga hingga Juni 2008 yang mencapai USD60,4 milyar, setelah tahun sebelumnya meraih USD51,1 miliar. (srn)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

nice blog.. I love the layout.
one suggestion: rather than posting other people articles, it would be very good if you post any articles from your own words/experiences.
Continue the blogging thing ya, even if it's not an assignment anymore

paulita mengatakan...

sesar.....

boleh jg tuh......

ada salm dari changmin.....

teknologi makin canggih ajj yaa
...?

deushi mengatakan...

woaaa...

perkembangan teknologi sekarang makin yahut aja ya!
bisnis bisa jadi lebih lancar
gara2 canggihnya microsoft dynamics AX 2009 ini

sangat berguna ya...