Senin, 29 September 2008

Menjaga Kualitas Cakram Padat

Menyimpan data digital, baik berupa berkas kerja, berkas film, atau lagu, kini lebih mudah berkat hadirnya cakram padat. Ada beragam cakram padat yang dikenal dewasa ini, antara lain CD, VCD, DVD. Alangkah menyebalkan apabila cakram padat berisi data penting atau lagi favorit menjadi rusak atau menurun kualitasnya.

Rusaknya data dalam cakram padat dapat disebabkan beberapa hal. Pertama, masalah pemprosesan pencetakan label pada cakram padat yang dilakukan dengan sistem sablon sehingga meinggalkan muatan elektrostatistik pada keping cakram padat. Muatan elektrostatistik ini dapat menjadi sumber utama tidak maksimalnya laser membaca data dalam cakram padat.

Kedua, masalah goresan pada permukaan cakram padat. Goresan ini timbul jika Anda kurang hati-hati memegang kepingan cakram padat. Hasilnya, cakram padat Anda akan salah baca, lompat-lompat dan yang lebih parah lagi tidak bisa digunakan sama sekali.

Ketiga masalah minyak atau debu yang menempel pada cakram padat. Terkadang, tanpa disadari tangan Anda menempel di permukaan cakram padat dan meningglkan bekas . Bekas tangan Anda mengandung minyak yang dapat membuat debu menempel pada permukaan cakram padat, sehingga cakram padat tidak dapat terbaca.

Agar cakram padat Anda dapat tetap awet dan terjaga kualitasnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Perawatan dasar untuk cakram padat adalah tidak menyentuh permukaannya, tetapi pada lubang tengahnya. Jangan mencuci cakram padat dengan air atau sabun biasa dan jangan menulisi label dengan alat tulis berujung runcing.

Simpanlah cakram padat di tempat penyimpanannya, agar terhindar dari resiko tergores. Jauhkan koleksi cakram padat Anda langsung dari sinar matahari. Sinar matahari yang mengenai cakram padat secar langsung dapat membuat data yang Anda simpan menjadi hilang. Oleh sebab itu, simpanlah cakram padat dlam suhu sejuk.

Bersihkanlah cakram padat secara teratur, agar tetap terjaga kualitasnya. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kain lembut, usapkan secara perlahan dari arah dalam ke luar. Jangan pernah membersihkan cakam padat dengan gerakan memutar. Akan lebih baik jika anda menggunakan cairan khusus untuk membersihkan cakram padat yang bias dijual di toko komputer.

Agar koleksi cakram padat anda terlihat rapi dan menarik, gunakanlah rak penyimpanan. Selain koleksi akan terlihat rapi, rak penyimpanan juga dapat memudahkan anda mencari cakram padat yang anda inginkan.

Tidak ada komentar: